Kompetensi Dasar | Indikator | Materi | Nomor Soal | Jumlah | ||||
Pilihan Ganda | Esai | |||||||
C1 | C2 | C4 | C1 | C2 | | |||
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan. | 4.1.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan langka dan asal daerahnya | Hewan dan tumbuhan langka | 1,9 | | 3,5,8 | 1,2 | 5 | 8 |
| 4.1.2 Menjelaskan jenis-jenis tumbuhan langka dan asal daerahnya | | 4,6, 10 | 2,7 | | 3 | 4 | 7 |
Jumlah | 5 | 2 | 3 | 3 | 2 | 15 | ||
10 | 5 | 15 |
KISI-KISI INSTRUMEN TES
INSTRUMEN TES
Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar!
1) Bagian tubuh gajah yang sering diburu adalah....
a. Kulitnya b. Culanya c. Tanduknya d. Gadingnya
2) Penebangan hutan secara liar dapat mengakibatkan....
a. Longsor b. Kebakaran c. Keracunan d. Polusi Udara
3) Hewan langka yang masih terus diburu, misalnya....
a. Tikus b. Kelinci c. Paus d. Burung hantu
4) Greenpeace adalah organisasi yang....
a. Melindungi kelestarian hewan dan lingkungan
b. Menjaga perdamaian dunia
c. Sering melakukan demonstrasi
d. Merusak lingkungan
5) Hewan langka dari Cina yang kegemarannya memakan pohon bambu adalah....
a. Gajah b. Panda c. Badak d. Koala
6) Contoh kayu yang dilindungi oleh pemerintah misalnya....
a. Cendana b. Pinus c. Jati d. Bambu
7) Hutan yang gundul harus di ... untuk mengurangi bencana alam
a. Reboisasi b. Musnahkan c. Tebang d. Bakar
8) Yang dikenal sebagai burung pemanjat adalah....
a. Tekukur b. Pelatuk c. Kutilang d. Perkutut
9) Kupu-kupu menghisap nektar menggunakan....
a. Gigi b. Taring c. Mulut d. Lidah penjilat
10) Tumbuhan air yang berdaun lebar yaitu....
a. Semanggi b. Ganggang c. Teratai d. Lumut
Isilah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Penemu bunga Bangkai adalah…
2. Tempat perlindungan hewan-hewan langka disebut…
3. Tempat pelestarian flora disebut…
4. Cara melestarikan lingkungan yaitu…
5. Perburuan terhadap hewan-hewan langka menyebabkan…
Kunci Jawaban :
Objektif
1) Jawaban : (D) Gadingnya
2) Jawaban : (A) Longsor
3) Jawaban : (C) Paus
4) Jawaban : (A) Melindungi kelestarian hewan dan lingkungan
5) Jawaban : (B) Panda
6) Jawaban : (A) Cendana
7) Jawaban : (A) Reboisasi
8) Jawaban : (B) Pelatuk
9) Jawaban : (D) Lidah penjilat
10) Jawaban : (C) Teratai
Esai
1. Rafflesia Arnoldi
2. Kebun Binatang
3. Cagar Alam
4. Tidak membuang sampah sembarangan, melakukan penghijauan, dll.
5. Kepunahan hewan.
Penilaian
Bentuk Instrumen | Nomor Soal | Skor |
Objektif | 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 |
Esai | 1 2 3 4 5 | 2 2 2 2 2 |
KUESIONER
Tabel Kisi-Kisi Instrumen Faktor Angket “Pengaruh Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa”
NO | VARIABEL | ASPEK | INDIKATOR | NOMOR BUTIR | JUMLAH | |
+ | - | |||||
1. | Hasil Belajar | 1.1 Sikap orang tua | 1.1.1 Bimbingan orang tua 1.1.2 Cara membim- bing | 1,4 5,6 | 2,3 7 | 7 |
1.2 Keadaan orang tua | 1.2.1 Keharmo- nisan orang tua 1.2.2 Kehadiran orang tua | 9 11 | 8,10 12 | 5 | ||
1.3 Fasilitas | 1.3.1 Keadaan ekonomi 1.3.2 Kelengka-pan fasilitas belajar | 14,15 16,17,19 | 13 18, 20 | 9 | ||
Jumlah Soal | 20 |
KUESIONER PENGARUH KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Nama :
Kelas :
No. Absen :
PETUNJUK KUESIONER
1. Tuliskan identitas diri anda pada lembar jawaban yang disediakan.
2. Berilah tanda silang (X) salah satu alternative jawaban pada setiap persoalan di bawah ini sesuai dengan pribadi anda.
3. Diharapkan anda menjawab semua pertanyaan ini dengan jujur sesuai dengan keadaan dirianda karena tak ada salah satu jawaban yang benar ataupun salah dalam kuesioner ini.
4. Kerahasiaan setiap pilihan jawaban anda terjamin.
No | Pernyataan | Sangat Sesuai | Sesuai | Kurang Sesuai | Tidak Sesuai | Sangat Tidak Sesuai |
1 | Orang tua sering membimbing saya ketika belajar di rumah | | | | | |
2 | Orang tua tidak pernah membimbing saya ketika belajar di rumah | | | | | |
3 | Orang tua hanya mendampingi saya belajar tanpa membimbing saya | | | | | |
4 | Saya akan semangat mengerjakan PR jika ditemani orang tua saya | | | | | |
5 | Orang tua selalu mengajar dan membimbing saya dengan kasih sayang. | | | | | |
6 | Orang tua membimbing saya dengan sabar ketika saya tidak mengerti | | | | | |
7 | Orang tua akan marah-marah ketika saya tidak mengerti tentang pelajaran | | | | | |
8 | Orang Tua sering bertengkar di rumah | | | | | |
9 | Orang tua saya sangat harmonis di rumah | | | | | |
10 | Saya merasa malas belajar ketika orang tua saya ribut di rumah | | | | | |
11 | Orang tua saya selalu memiliki waktu untuk membimbing saya di rumah | | | | | |
12 | Orang tua saya sibuk dengan pekerjaannya sehingga jarang di rumah menemani saya | | | | | |
13 | Keadaan ekonomi keluarga kurang sehingga fasilitas belajar kurang | | | | | |
14 | Meskipun keadaan ekonomi keluarga kurang, tapi orang tua mampu menyediakan fasilitas belajar | | | | | |
15 | Keadaan ekonomi keluarga cukup sehingga mampu menyediakan fasilitas belajar | | | | | |
16 | Fasilitas belajar cukup lengkap membantu saya dalam belajar | | | | | |
17 | Saya semangat belajar karena memiliki fasilitas belajar yang lengkap | | | | | |
18 | Saya malas belajar karena fasilitas belajar yang tidak lengkap | | | | | |
19 | Saya memiliki buku-buku pelajaran yang menunjang saya dalam belajar | | | | | |
20 | Saya malas belajar jika tidak memiliki meja belajar yang nyaman | | | | | |
KISI-KISI
LEMBAR OBSERVASI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Variabel | Indikator | Deskripsi | Nomor Butir | Jumlah Butir |
Sikap mengikuti pelajaran | 1. Keaktifan di kelas | 1. Perhatian mengikuti pelajaran | 1 | 15 |
2. Keaktifan mengajukan jawaban dan pendapat | 2,3 | |||
3. Ketenangan memberikan pendapat | 4,5 | |||
2. Pemahaman | 1. Kemampuan mengajukan pertanyaan | 6 | ||
2. Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan | 7 | |||
3. Mengaitkan pemahaman materi dengan kehidupan | 8 | |||
3. Kerjasama dalam kelompok | 1. Keaktifan bekerjasama dalam kelompok | 9,10 | ||
2. Kerjasama dalam berdiskusi | 11,12 | |||
4. Disiplin di kelas | 1. Kerapian berpakaian di kelas | 13,14 | ||
2. Tepat waktu masuk kelas | 15 |
LEMBAR OBSERVASI MOTIVASI BELAJAR SISWA
MATA PELAJARAN :
HARI/TANGGAL :
KELAS :
KELOMPOK :
Indikator | Deskripsi | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. Sikap mengikuti pelajaran | 1. Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik | | | | | |
2. Siswa aktif mengajukan pendapatnya | | | | | | |
3. Keaktifan mencari sumber untuk menjawab pertanyaan | | | | | | |
4. Sikap dalam mengajukan pendapat | | | | | | |
5. Ketenangan nada bicara dalam mengajukan pendapat | | | | | | |
2. Pemahaman | 6. Siswa mengajukan pertanyaan yang berbobot (tidak sekadar bertanya) | | | | | |
7. Jawaban yang diberikan sesuai | | | | | | |
8. Mengajukan jawaban dengan mengaitkan dalam kehidupan | | | | | | |
3. Kerjasama dalam kelompok | 9. Siswa aktif melakukan observasi bersama teman kelompok | | | | | |
10. Mencatat hasil temuan bersama teman kelompok | | | | | | |
11. Siswa aktif berdiskusi dengan teman kelompoknya | | | | | | |
12. Kerjasama dalam memberikan jawaban pertanyaan kelompok lain | | | | | | |
4. Disiplin di kelas | 13. Kerapian berpakaian di kelas | | | | | |
14. Kelengkapan atribut pakaian sekolah | | | | | | |
15. Siswa tepat waktu memasuki kelas | | | | | | |
Jumlah Skor | | | | | |
Kriteria Pemberian Skor
Skor | Kriteria | Deskripsi |
5 | Sangat Baik | Jika siswa benar-benar menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan |
4 | Baik | Jika siswa selalu menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan tetapi belum sepenuhnya dilakukan dengan baik |
3 | Cukup | Jika siswa memiliki kecenderungan menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan |
2 | Kurang | Jika siswa kurang menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan |
1 | Sangat Kurang | Jika siswa tidak menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan |
PERSENTASE KEBERHASILAN
Kriteria Keberhasilan
Persentase | Taraf Keberhasilan |
80 – 100% | Sangat Baik |
60 – 79% | Baik |
40 – 59% | Cukup |
10 – 39% | Kurang |
0 – 9% | Sangat Kurang |
kisi-kisi lembar observasi motivasinya dari mana ya gan? adptasi dari sp? butuh bgt nih..
BalasHapus