Selasa, 27 Desember 2011

Contoh kisi-kisi


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Nomor Soal
Jumlah
Pilihan Ganda
Esai
C1
C2
C4
C1
C2

4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
4.1.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan langka dan asal daerahnya
Hewan dan tumbuhan langka
1,9

3,5,8
1,2
5
8

4.1.2 Menjelaskan jenis-jenis tumbuhan langka dan asal daerahnya

4,6,
10
2,7

3
4
7
Jumlah
5
2
3
3
2
15
10
5
15
KISI-KISI INSTRUMEN TES

INSTRUMEN TES
Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar!
1)      Bagian tubuh gajah yang sering diburu adalah....
a. Kulitnya      b. Culanya       c. Tanduknya  d. Gadingnya
2)      Penebangan hutan secara liar dapat mengakibatkan....
a. Longsor       b. Kebakaran               c. Keracunan   d. Polusi Udara
3)      Hewan langka yang masih terus diburu, misalnya....
a. Tikus            b. Kelinci                     c. Paus             d. Burung hantu

4)      Greenpeace adalah organisasi yang....
a.       Melindungi kelestarian hewan dan lingkungan
b.      Menjaga perdamaian dunia
c.       Sering melakukan demonstrasi
d.      Merusak lingkungan
5)      Hewan langka dari Cina yang kegemarannya memakan pohon bambu adalah....
a. Gajah           b. Panda                      c. Badak          d. Koala
6)      Contoh kayu yang dilindungi oleh pemerintah misalnya....
a. Cendana      b. Pinus                       c. Jati               d. Bambu
7)      Hutan yang gundul harus di ... untuk mengurangi bencana alam
a. Reboisasi     b. Musnahkan              c. Tebang         d. Bakar
8)      Yang dikenal sebagai burung pemanjat adalah....
a. Tekukur       b. Pelatuk                    c. Kutilang      d. Perkutut
9)      Kupu-kupu menghisap nektar menggunakan....
a. Gigi             b. Taring                      c. Mulut           d. Lidah penjilat
10)  Tumbuhan air yang berdaun lebar yaitu....
a. Semanggi     b. Ganggang                c. Teratai         d. Lumut
Isilah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Penemu bunga Bangkai adalah…
2.      Tempat perlindungan hewan-hewan langka disebut…
3.      Tempat pelestarian flora disebut…
4.      Cara melestarikan lingkungan yaitu…
5.      Perburuan terhadap hewan-hewan langka menyebabkan…
Kunci Jawaban :
Objektif
1)      Jawaban : (D) Gadingnya
2)      Jawaban : (A) Longsor
3)      Jawaban : (C) Paus
4)      Jawaban : (A) Melindungi kelestarian hewan dan lingkungan
5)      Jawaban : (B) Panda
6)      Jawaban : (A) Cendana
7)      Jawaban : (A) Reboisasi
8)      Jawaban : (B) Pelatuk
9)      Jawaban : (D) Lidah penjilat
10)  Jawaban : (C) Teratai
Esai
1.      Rafflesia Arnoldi
2.      Kebun Binatang
3.      Cagar Alam
4.      Tidak membuang sampah sembarangan, melakukan penghijauan, dll.
5.      Kepunahan hewan.

Penilaian
Bentuk Instrumen
Nomor Soal
Skor
Objektif
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
Esai
1
2
3
4
5
2
2
2
2
2


KUESIONER
Tabel Kisi-Kisi Instrumen Faktor Angket “Pengaruh Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa”

NO

VARIABEL

ASPEK

INDIKATOR
NOMOR BUTIR

JUMLAH
+
-
1.
Hasil Belajar
1.1 Sikap orang tua
1.1.1  Bimbingan orang tua
1.1.2  Cara membim- bing

1,4

5,6
2,3

7
7

1.2 Keadaan orang tua
1.2.1 Keharmo- nisan orang tua
1.2.2 Kehadiran orang tua
9

11

8,10

12
5


1.3 Fasilitas
1.3.1 Keadaan ekonomi
1.3.2 Kelengka-pan fasilitas belajar
14,15

16,17,19
13

18, 20
9

Jumlah Soal
20

KUESIONER PENGARUH KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Nama               :
Kelas               :
No. Absen       :
PETUNJUK KUESIONER
1.      Tuliskan identitas diri anda pada lembar jawaban yang disediakan.
2.      Berilah tanda silang (X) salah satu alternative jawaban pada setiap persoalan di bawah ini sesuai dengan pribadi anda.
3.      Diharapkan anda menjawab semua pertanyaan ini dengan jujur sesuai dengan keadaan dirianda karena tak ada salah satu jawaban yang benar ataupun salah dalam kuesioner ini.
4.      Kerahasiaan setiap pilihan jawaban anda terjamin.

No

Pernyataan

Sangat Sesuai

Sesuai

Kurang Sesuai

Tidak Sesuai

Sangat Tidak Sesuai
1
Orang tua sering membimbing saya ketika belajar di rumah





2
Orang tua tidak pernah membimbing saya ketika belajar di rumah





3
Orang tua hanya mendampingi saya belajar tanpa membimbing saya





4
Saya akan semangat mengerjakan PR jika ditemani orang tua saya





5
Orang tua selalu mengajar dan membimbing saya dengan kasih sayang.





6
Orang tua membimbing saya dengan sabar ketika saya tidak mengerti





7
Orang tua akan marah-marah ketika saya tidak mengerti tentang pelajaran





8
Orang Tua sering bertengkar di rumah





9
Orang tua saya sangat harmonis di rumah





10
Saya merasa malas belajar ketika orang tua saya ribut di rumah





11
Orang tua saya selalu memiliki waktu untuk membimbing saya di rumah





12
Orang tua saya sibuk dengan pekerjaannya sehingga jarang di rumah menemani saya





13
Keadaan ekonomi keluarga kurang sehingga fasilitas belajar kurang





14
Meskipun keadaan ekonomi keluarga kurang, tapi orang tua mampu menyediakan fasilitas belajar





15
Keadaan ekonomi keluarga cukup sehingga mampu menyediakan fasilitas belajar





16
Fasilitas belajar cukup lengkap membantu saya dalam belajar





17
Saya semangat belajar karena memiliki fasilitas belajar yang lengkap

        



18
Saya malas belajar karena fasilitas belajar yang tidak lengkap





19
Saya memiliki buku-buku pelajaran yang menunjang saya dalam belajar





20
Saya malas belajar jika tidak memiliki meja belajar yang nyaman







KISI-KISI
LEMBAR OBSERVASI  MOTIVASI BELAJAR SISWA

Variabel
Indikator
Deskripsi
Nomor Butir
Jumlah Butir
Sikap mengikuti pelajaran
1.      Keaktifan di kelas
1.      Perhatian mengikuti pelajaran
1

15
2.      Keaktifan mengajukan jawaban dan pendapat
2,3
3.      Ketenangan memberikan pendapat
4,5

2.      Pemahaman
1.      Kemampuan mengajukan pertanyaan
6
2.      Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan
7
3.      Mengaitkan pemahaman materi dengan kehidupan
8
3.      Kerjasama dalam kelompok
1.      Keaktifan bekerjasama dalam kelompok
9,10
2.      Kerjasama dalam berdiskusi
11,12
4.      Disiplin di kelas
1.      Kerapian berpakaian di kelas
13,14
2.      Tepat waktu masuk kelas
15



LEMBAR OBSERVASI MOTIVASI BELAJAR SISWA

MATA PELAJARAN          :
HARI/TANGGAL                :
KELAS                                  :
KELOMPOK                        :
Indikator
Deskripsi
Skor
1
2
3
4
5
1.  Sikap mengikuti pelajaran
1.      Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik





2.      Siswa aktif mengajukan pendapatnya





3.      Keaktifan mencari sumber untuk menjawab pertanyaan





4.      Sikap dalam mengajukan pendapat





5.      Ketenangan nada bicara dalam mengajukan pendapat





2.  Pemahaman
6.      Siswa mengajukan pertanyaan yang berbobot (tidak sekadar bertanya)





7.      Jawaban yang diberikan sesuai





8.      Mengajukan jawaban dengan mengaitkan dalam kehidupan





3.      Kerjasama dalam kelompok
9.      Siswa aktif melakukan observasi bersama teman kelompok





10.  Mencatat hasil temuan bersama teman kelompok





11.  Siswa aktif berdiskusi dengan teman kelompoknya





12.  Kerjasama dalam memberikan jawaban pertanyaan kelompok lain





4.      Disiplin di kelas
13.  Kerapian berpakaian di kelas





14.  Kelengkapan atribut pakaian sekolah





15.  Siswa tepat waktu memasuki kelas





Jumlah Skor






Kriteria Pemberian Skor

Skor
Kriteria
Deskripsi
5
Sangat Baik
Jika siswa benar-benar menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan
4
Baik
Jika siswa selalu menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan tetapi belum sepenuhnya dilakukan dengan baik
3
Cukup
Jika siswa memiliki kecenderungan menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan
2
Kurang
Jika siswa kurang menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan
1
Sangat Kurang
Jika siswa tidak menunjukkan aktivitas seperti yang dituliskan dalam pernyataan








PERSENTASE KEBERHASILAN

Kriteria Keberhasilan
Persentase
Taraf Keberhasilan
80 – 100%
Sangat Baik
60 – 79%
Baik
40 – 59%
Cukup
10 – 39%
Kurang
0 – 9%
Sangat Kurang

1 komentar:

  1. kisi-kisi lembar observasi motivasinya dari mana ya gan? adptasi dari sp? butuh bgt nih..

    BalasHapus